Mobil-Mobil Unik Buatan Indonesia

>> Kamis, 28 Oktober 2010

PERSOALAN transportasi yang sering dihadapi terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dengan permasalahan ke-macet-an di jalan raya yang sudah sangat ‘akut’, sementara di daerah perdesaan belum seluruhnya ruas jalan yang ada dilapisi aspal hotmix untuk kenyamanan berkendaraan, mungkin menjadi salah satu alasan mengapa sebagian besar desain mobil karya anak bangsa ini memiliki dimensi yang relatif kecil dibandingkan mobil konvensional buatan asing, selain mungkin menimbang harga yang lebih terjangkau bagi mereka yang membutuhkannya.

Meskipun tidak seluruh komponen mobil-mobil tersebut asli buatan Indonesia, namun patut dicatat bahwa sejak dari desain hingga perakitan kendaraan tersebut seluruhnya dikerjakan oleh tangan-tangan ahli anak bangsa. Namun ke depan dapat diharapkan bahwa all component kendaraan tersebut asli made in Indonesia.

Berikut beberapa mobil Karya cipta anak Indonesia yang layak untuk ditampilkan :
 ======================================
1. MOBIL KANCIL
 ======================================
Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta
======================================
2. MOBIL ESEMKA 
 ======================================
Mobil yang satu ini hebatnya justru dibuat oleh para siswa SMK. Mobil Esemka memiliki 5 jenis varian yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van. Pada gambar di bawah ini merupakan Mobil Esemka SUV buatan siswa-siswa SMK 1 Singosari Malang yang dikerjakan tidak kurang dari 50 siswa SMK Singosari Malang dan menghabiskan biaya sebesar Rp. 175 Juta dalam pembangunan mobil ini. 5 jenis mobil Esemka yang lainnya dikerjakan oleh SMK-SMK lainnya. Untuk harganya anda cukup mengeluarkan uang 80 Juta saja untuk mendapatkan mobil Esemka ini

Esemka Digdaya
--------------------------------------- 
Digdaya double cabin yang mengadopsi mesin berkapasitas 1.800 cc, 2.000 cc, 2.200 cc, dan diesel 2.500 cc.

Mobil Esemka Digdaya Double Cabin ini sudah menggunakan penggerak roda 4 atau 4×4 dengan DOHC injection buatan siswa SMKN 1 Singosari dengan mengusung mesin 1.500 cc dan sanggup mencapai 76 kw pada 5.500 rpm dan pada putaran 4.000 rpm bisa mencapai torsi maksimal 147 Nm. 


Esemka Rajawali
---------------------------------------

Esemka Rajawali menjadi perbincangan khusus setelah Wali Kota Solo Joko Widodo menggunakan sebagai mobil dinas. Esemka Rajawali bergenre SUV dengan mesin 1.500 cc milik Timor. Mobil ini dilepas dengan banderol Rp75 juta dengan semua fitur-fitur layaknya mobil Jepang.

Esemka Rajawali bermesin Esemka 1.5i,1.500 cc multi point injection 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 horse power(hp) pada putaran 5.500 rpm dengan torsi puncak hingga 145 Nm di 4.100 rpm. Rajawali mampu menampung 7 orang karena mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm,dan tinggi 1.630 mm. Rajawali juga telah dibekali sederet fitur elektronik mirip SUV premium lainnya, misalnya power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parking, hingga head unit CD player. Mobil Esemka Rajawali ini dijual dengan harga sekitar 150 juta – 180 juta.

Esemka SUV
--------------------------------------- 
Sport Utility Vehicle (SUV) dengan nama Rajawali yang mengadopsi mesin berkapasitas 1.800 cc, 2.000 cc, 2.200 cc, dan diesel 2.500 cc.

Esemka Rosa Van
--------------------------------------- 
Mobil Esemka Rosa Van ini hasil dari kreasi anak-anak Indonesia tepatnya dari SMK Negeri 6 Malang, Jawa Timur. Mobil ini tidak kalah dengan mobil lainnya, dengan bermodalkan mesin yang sama dengan keempat tipe Mobil Esemka lainnya baik itu Mobil Esemka Digdaya maupun Mobil Esemka Zhangaro, Mobil Esemka Rosa-Van ini disematkan dengan kapasitas mesin 1.500 cc Multi EFI dengan ruang kabin yang terasa lega dan mampu menampung 8 orang.
Dengan kapasitas muat yang cukup besar terutama bila penumpang full loaded orang dewasa ditambah lagi dengan barang, Mobil Esemka Rosa Van diimbangi dengan menggunakan gearbox Toyota Hiace bensin, karena rasio giginya yang lebih kecil, jadi akan lebih ringan.

Mobil sokongan sasis dari Toyota Hiace dan cangkokan transmisi Suzuki Vitara ini memang pantas jadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Jika Anda berminat untuk membeli mobil esemka jenis Rosa Van ini, Anda hanya merogoh kocek sekitar Rp 80 juta.
Esemka Zhangaro
---------------------------------------
Mobil Esemka  Zhangaro ini adalah mobil Pick Up karya SMK Negeri 10 Malang. Bila kita lihat, zhangaro ini sekilas mirip dengan Suzuki Carry atau Futura,
terutama bila kita menyamakan lingkar kemudi pada design dashboarnya.

Seperti mobil esemka Rosa Van yang mencangkok transmisi Suzuki Vitara, Mobil Esemka Zhangaro ini juga untuk sasis dan gearboxnya mencangkok dari Mitsubishi Colt T 120 SS,
 tahun 2003, tapi untuk engine tetap berlogo Esemka 1.5i EFI. Dengan berbekal mesin yang sama, dengan transmisi 5 speed dari Suzuki Vitara,
Mobil Esemka Zhangaro ini diklaim mampu untuk bergerak mengangkat beban,dan tidak heran jika mobil Pick Up Zhangaro ini diperuntukkan untuk tujuan komersil
angkut mengangkut terutama dengan dukungan bak seluas 1 meter kubik dan berbahan plat setebal 1,5 mm, dengan tinggi 33 cm, lebar 145 cm, dan panjang 225 cm.
 ======================================
3. MOBIL KOMODO
 ======================================

Nama Komodo disematkan bukan karena bentuk mobilnya yang seperti Komodo, namun lebih pada fungsinya yang seperti Komodo, yakni selain kuat, Komodo bisa hidup di dua alam sekaligus. Seperti namanya, jangankan di lumpur, di air sekalipun Komodo sudah teruji kehandalannya.
Salah satu desainer CN-250 Gatotkaca Ibnu Susilo menjadi Head Designer Maleo mengeluarkan desain Komodo. Ini adalah mobil offroad asli Indonesian. Mobil kecil tapi dapat melintasi hutan sejauh 100 km dalam 6-7 jam dengan konsumsi bahan bakar hanya 5 liter. Komodo punya fitur self-recovery yang membuatnya tidak bisa terguling.

Mobil Komodo adalah garapan PT Fin Tetra Indonesia asal Cimahi, Jawa Barat. Komodo hanya mampu membawa 2 orang penumpang
 ======================================
4. MOBIL TAWON
 ======================================

Mobil imut ini buatan PT Super Gasindo Jaya. Mobil Tawon ini sudah mampu membawa 4 orang dan dibanderol dengan harga 48 Juta. Dengan kapasitas mesin 650 cc dan mampu mencapai kecepatan hingga 85 km/jam! Diperkirakan mobil ini akan menggantikan bajaj2 di Jakarta dan jg akan diproduksi secara massa
 ======================================
5. MOBIL ARINA
 ======================================

Mobil Arina ini kapasitas mesinnya hanya 150 cc, kecepatannya mampu dipacu sampai dengan 70 km/jam, namun konsumsi BBMnya cukup hemat yaitu mencapai 40 km untuk 1 liter bensin.

Mobil Arina, yang merupakan singkatan dari Armada Indonesia, badan hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mobil mikro Arina akan terus dikembangkan sehingga menjadi 100 persen buatan negeri. Jika sudah 100 persen lokal, harganya bakal berada di bawah Rp 30 juta
 ======================================
6. MOBIL GEA
 ======================================

GEA merupakan singkatan dari (Gulirkan Energi Alternatif). Nama GEA diberikan karena mobil yang bentuk dan spesifikasi mesinnya sangat mirip Nano tersebut memakai bahan bakar gas yang dijamin bisa ramah lingkungan. GEA adalah mobil perkotaan (City car) produksi kerjasama antara PT Inka dan BPPT. Mobil ini Mesin Rusnas 650 cc yang merupakan mesin asli buatan Indonesia hasil riset BPPT. Dalam tahap pengembangan terlihat badan mobil terbuat dari serat kaca atau fiberglass dan berkapasitas 5 orang.
Jika diberi izin pemerintah, PT Inka memprediksi bisa memberi harga GEA pada banderol Rp 45 juta – Rp 50 juta per unit.

Mesin GEA ini berkapasitas 650 cc dan telah diuji telah menempuh 10 ribu km dengan kecepatan 85 km per jam
 ======================================
7. MOBIL WAKABA 
 ======================================

Pengembangan mobil WAKABA singkatan dari Wahana Karya Bangsa ini dilakukan di Universitas Pasundan dengan melibatkan tiga orang peneliti dan 12 mahasiswa universitas Pasundan. Dana pengembangannya selain dari Pemda Jawa Barat, juga dari kementrian ristek serta Unpas dan Working Group yang menghabiskan dana lebih dari Rp 200 juta.

Mobil kecil itu bermesin bensin 500 cc. Mesin yang dipakai mesin buatan BPPT Kemetrian Riset dan Teknologi, dengan tingkat kecepatan yang low speed
 ======================================
8. MOBIL MARLIP 
 ======================================

Selain mobil-mobil berbahan bakar konvensional di atas, ternyata jauh-jauh hari anak-anak Indonesia sudah merancang mobil listrik. Adalah Mobil bertenaga listrik produksi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) —disebut MARLIP (marmut listrik LIPI)—merupakan salah satu wujud solusi ilmu pengetahuan dan teknologi atas krisis energi di negeri ini. Marlip di antaranya telah digunakan di rumah sakit, lokasi wisata, markas kepolisian, dan lapangan golf. Marlip juga digunakan saat peringatan 50 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung. Namun, pemanfaatannya tetap belum signifikan.

Spesifikasi teknis Marlip adalah berkecepatan 40 km/jam untuk jalan datar dan 20 km/jam untuk tanjakan, jarak tempuh 300 km, masa aktif delapan jam, waktu pengisian baterai tercepat 2,5 jam (rata-rata 4-5 jam), dan berat kosong 300 kilogram untuk jenis city car dan smart. Harga pesanan Rp 40 juta per unit
 ======================================
9. MOBIRA
 ======================================

Mobira (Mobil Rakyat) Adalah PT Sarimas Ahmadi Pratama yang merancang dan membangun Mobira 150cc ini. Pemilik PT Sarimas Ahmadi Pratama adalah Ir Dasep Ahmadi seorang lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) 1984.

Sarimas Ahmadi Pratama menciptakan Mobira sebuah konsep city car. Dilihat dari tampilannya, Mobira memang mobil kecil yang hanya berukuran panjang 2.330, lebar 1.030 dan tinggi 1.500 mm. Hebatnya, mobil 150cc ini sudah menggunakan transmisi otomatis.

Mesin yang digunakan Mobira 4 langkah dengan tipe SOHC 150 cc. Dengan kapasitas tersebut, daya output yang bisa dikeluarkan adalah 10,1 kW di 8.500 rpm dengan torsi 12,8 Nm di 6.500 rpm. Sementara efisiensi bahan bakarnya mencapai 16,25 km/liter.

 ======================================
10. MALEO
 ======================================





Maleo mulai dikembangkan pada 1993, dimana saat itu pemerintah mulai berpikir tentang mobil nasional. IPTN sebagai instansi yang ditunjuk, bekerjasama dengan Rover, Inggris dan Millard Design Australia. Sampai pada 1997, IPTN sukses membuat 11 rancangan mobil yang isimewa. Namun karena reformasi 1998, proyek tersebut menjadi sia-sia.

 ======================================
11. TIMOR
 ======================================



Timor adalah Teknologi Industri Mobil Rakyat. Timor pernah hits di dekade 90an yang diproduksi PT. Timor Putra Nasional. Sejatinya, mobil ini merupakan mobil KIA Sephia dengan ide mengimpor mobil namun dengan komponen lokal. Bersamaan dengan Timor, hadir Bimantara dengan produknya Bimantara Cakra.

Oleh : Herry dirangkum dari berbagai sumber

4 komentar:

Anonim,  14/04/11, 22.11  

Indonesia katanya bisa bikin pesawat, kapal dan kereta api. Harusnya bikin mobil jauh lebih mudah dong. Tapi bentuknya mbok ya yang agak serius dikitlah. Jangan terlalu naif. Anak-anak kita pasti banyaklah yg jago mendesain, Sukses Indonesia!!!

Anonim,  13/01/12, 21.55  

mobil murahan coz

Anonim,  06/04/12, 14.48  

semuanya mobilnya jelek kecuali maleo dam timor

Unknown 26/01/13, 01.19  

murah meriah ... saye pesan yang MOBIL ESEMKA kira2 berapa harganya.....???????? untuk wilayah pontianak......mju negriku...

Posting Komentar

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP