CC 300, Lokomotif terbaru buatan PT. INKA Indonesia

>> Minggu, 12 Februari 2012

Tahun 2011 ini merupakan tahun yang penting bagi PT Inka, karena akhir tahun nanti Inka akan mengeluarkan produk baru berupa Lokomotif Diesel Hidrolik yang pertama yang merupakan hasil rancang bangun sendiri secara keseluruhan. PT Inka adalah industri kereta api yang terletak di Madiun Jawa Timur, yang melakukan proses desain hingga memproduksinya untuk gerbong barang, kereta penumpang, Kereta diesel, kereta diesel elektrik, kereta push pull diesel elektrik, dan kereta listrik. Sedangkan produk lokomotif Diesel Electric yang dipakai untuk menarik kereta penumpang di Jawa merupakan hasil desain GE Amerika yang dibuat di PT Inka.
Proses desain Lokomotif DH ini sudah dimulai pada awal tahun 2010 dengan diawali studi-studi dan diskusi dengan vendor mesin di Eropa. Departemen Perhubungan pun menyetujui untuk membiayai proyek prototype tersebut, yang rencananya akan dibuat sebanyak 3 buah. Desain secara keseluruhan, carbody, integrasi sistem elektrik, sistem kontrol, sistem pengereman, maupun desain bogie dilakukan oleh staf Divisi Teknologi dengan dibantu software CAD 3D. Sedangkan untuk melakukan perhitungan-perhitungan dan simulasi digunakan software CAE Ansys dan Vampire.

Spesifikasi Lokomotif ini adalah : Lokomotif Diesel Hidrolik dengan tipe CC300 dengan double cabin, memakai bogie konstruksi 3 gandar. Panjang keseluruhan 19 m, lebar 2,790 m, berat kurang lebih 87 ton, dan beban axle 15 ton. Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar dengan transmisi dari Voith. Sistem pengereman memakai produk Wabtec, master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan. Lokomotif ini diharapkan mempunyai power sekitar 2200 HP. Lokomotif ini juga dilengkapi genset dari Caterpillar yaitu CAT C15 yang digunakan sebagai sumber listrik untuk rangkaian kereta penumpang. Dengan kondisi ini maka tidak perlu digunakan kereta power lagi seperti biasanya. Apabila lokomotif ini dipakai untuk menarik gerbong, genset tersebut dapat dimatikan. Rencana operasinya adalah di pulau Jawa.
Untuk Bogienya, juga merupakan hasil karya sendiri setelah melakukan serangkaian studi-studi. Bogie memakai sistem konstruksi yang didesain untuk kecepatan 120 Km/jam, kecepatan operasional 100Km/jam. Keistimewaan bogie ini merupakan bogie 3 gandar, sederhana, dan mudah dalam perawatan.

Semua konstruksi menggunakan mildsteel.
Ini adalah mockup dari lokomotif dh ini, sayangnya pengerjaannya masih kurang bagus, sehingga sudut-sudutnya masih terlihat tajam.
Akhirnya bulan Desember 2011 Lokomotif ini bisa dilakukan uji coba oleh pembeli yaitu KemenHub. Berikut adalah foto saat tes dilakukan. Sayangnya tes belum bisa dilakukan di test track karena test track saat ini penuh untuk menyimpan kereta-kereta yang belum diserahkan. Uji jalan hanya dilakukan di dalam lokasi pabrik dengan jalan maju mundur. Untuk tes jalan di lintas sebenarnya kemungkinan akan dilakukan di Januari 2012, tentunya setelah mendapat ijin dari PT KAI untuk meminjam jalurnya. Foto ini diambil oleh teman lewat HPnya, karena saya berhalangan hadir.

















Sumber.

0 komentar:

Poskan Komentar

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP