MADE IN INDONESIA... CINTAI PRODUK INDONESIA

>> Jumat, 29 Oktober 2010

OTOMOTIF
======================================
GEA
======================================

 
Gea  merupakan produk dari PT inka yang ditujukan untuk menggantikan kancil  di ibu kota dan juga  bagi masyarakat pedesaan untuk menggantikan sepeda motor.
Mobil ini bermesin 640cc EFI berbahan bakar gas buatan BPPT. Setiap liter bahan bakar dapat menggerakan mobil ini sejauh 30km.

======================================
TAWON
======================================

Tawon merupakan produk dari PT Super Gasindo Jaya, sama halnya dengan GEA mobil ini ditujukan bagi masyarakat pedesaan untuk mengantikan sepeda motor sebagai alat transportasi utama.
Tawon memiliki dua varian yaitu tawon minibus dan tawon transformer (Pick-up). Untuk varian minibus tawon dibekali mesin 650cc berbahan bakar CNG buatan cina sedangkan transformer dibekali mesin 500cc  bensin buatan BPPT.
Untuk harga kedua produk hanya dibanderol  45 juta on the road untuk minibus dan 35 juta on the road untuk transformer.  Dan saat ini kedua produk telah dipesan lebih dari seribu unit dalam sebulan

======================================
KOMODO
======================================

Komodo merupakan produk dari  PT FIN Komodo.  Komodo ini adalah off-road utility vehicle dengan  4 roda dan merupakan buatan Indonesia. Mobil buggy ini menggunakan mesin 250 cc 4-tak yang menghasilkan tenaga 16,7 dk dan torsi maksimum 17,6 Nm pada 5.500 rpm berpasangan dengan transmisi otomatis 3-speed CVT. Mobil ini dibanderol 60 juta on the road.


Saking larisnya para pembeli produk ini harus rela inden hingga berbulan-bulan.  Untuk mengatasinya saat ini komodo tengah mempersiapkan produk baru bermesin 640cc bekerjasama  dengan PT.inka untuk diproduksi bersama-sama.
======================================
INOBUS
======================================
inobus
Mungkin nama Inobus kalah populer dengan Komodo bus gandeng yang diluncurkan oleh PT Asian Auto International (AAI). Inobus merupakan bus gandeng buatan PT INKA Madiun Jawa Timur yang dikenal sebagai industri kereta api. Suatu terobosan yang perlu didukung oleh semua pihak dimana PT INKA yang notabene dikenal sebagai industri pembuat kereta api melakukan diversifikasi usaha dengan membuat bus dengan kandungan lokal.
Menurut rencana Inobus akan menjadi moda transportasi di jalur busway Jakarta. Spesifikasi teknis Inobus tersebut bermesin khusus CNG 320 HP serta Automatic Transmission-retarder integrated dari Cummins Inggris, berbahan bakar gas dengan dimensi 18m x 2,5m x 3,5 meter, suspensi udara, rem cakram ABS dan dengan tempat duduk 20×2 buah serta mampu dimuati hingga 120 penumpang. Harga yang ditawarkanpun lebih kompetitif dibandingkan kompetitornya yaitu Rp 3 Miliar per unit.
PERTAHANAN
 ======================================
Smart Eagle II (SE II)
======================================
Smart Eagle
Produk UAV PT.ATI lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan Militer, seperti : real-time-intelegence, surveillance, reconnaissance, target acquisition, artilery support dan lainnya. Salah satu andalannya adalah TUAV Smart Eagle II (SE II).Berbeda dengan pendahulunya, SE II jauh lebih baik performanya bahkan dengan PUNA sekalipun. Jarak jangkau operasionalnya mencapai 150Km dari Base-station. Begitu pula desain, sistem komunikasi dan kendali, mobilitas, payload, operational-cost serta sangat mudah pengoperasiannya.
Secara garis besar UAV pisahkan dalam tiga bagian, yakni wahana udara (air vehicle), muatan (payload), dan stasiun pengendali (ground control station). Ketiga bagian ini kini makin disempurnakan, terutama dalam hal engine dan perangkat elektronisnya.

SE II menggunakan mesin 2 tak berdiameter 150cc, dengan tingkat kebisingan rendah. Untuk kapasitas tangki penuh bahan bakar SE II mampu terbang hingga 6 jam.
Perangkat elektronispun tak kalah lengkapnya, selain perangkat avionik penerbangan SE II juga dilengkapi dengan color TV camera dengan kapabilitas pembesaran gambar yang lebih baik dan jelas. SE II juga mampu beroperasional di malam hari dengan menggunakan Thermal Imaging System (TIS) Camera untuk opsi penginderaannya.
Panjang badan SE II mencapai 3,6 meter, rentang sayap 4,8 meter dan tinggi (dari permukaan tanah hingga ujung sirip ekor sekitar 1 meter. Dengan bobot kosong 65Kg dan bobot maksimum tinggal landas (maximum take-off weight) 100Kg, dengan mengusung beban muatan seberat 20Kg
Tempo terbang SE II mencakup dua jam menuju dan pulang dari tempat operasi serta empat jam untuk beraksi. Bermodal bahan bakar bensin sebanyak 20 liter/ 15Kg, SE II mampu terbang setinggi 30Km dengan kecepatan jelajah normal (cruise speed) 120Km/jam. Namun dalam kondisi darurat kecepatan terbang SE II dapat digenjot hingga 150Km/jam agar bisa menjangkau lokasi sejauh 300 kilometer.

======================================
PUNA
======================================


Pada prinsipnya PUNA seperti layaknya pesawat komersil biasa. Hanya saja ukurannya tidak sama. Kemampuan terbang dan daya tembus PUNA terhadap cuaca buruk pun sebenarnya sama saja. Pengoperasian dalam jangka waktu yang sangat lama, kata Djoko dapat meliputi patroli rutin perbatasan negara, patroli kelautan, pengamatan lalu lintas, dll. Dengan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat dan kebutuhan landas pacu yang lebih ringkas, maka operasional PUNA menjadi lebih murah untuk kebutuhan misi-misi tertentu, seperti pemotretan udara dan pemetaan udara. Dengan Ground Control Station (GCS), maka pilot dan awak tidak berada di pesawat udara, sehingga meminimalkan resiko yang mengancam keselamatan operator PUNA.
Saat ini kegiatan Rancang Bangun PUNA masih dilanjutkan dengan pengembangan PUNA tipe Sriti (6,5kg) jangkauan 10km, untuk kebutuhan taktis pasukan atau jenis short range, konfigurasi Flying Wing atau Tailless Configuration. Tipe berikutnya Alap-alap dengan berat 25kg dan jangkauan 50km, untuk operasi surveillance dan reconnaissance. Jenis ini konfigurasi Low Rectangular Wing dengan Low Boom V-Tail. Pada tahun 2010 akan dilakukan uji sertifikasi bagi beberapa tipe Puna baik jenis Wulung maupun Sriti. Diharapkan Djoko setelah lulus uji kelaikan maka direncanakan untuk masuk dalam tahap produksi komersial. Beberapa potensi user antara lain TNI, Departemen kehutanan dan departemen kelautan. Tidak menutup kemungkinan bagi BPPT bila ada swasta yang ingin ikut berpastisipasi dalam mengembangkan Puna ini.
======================================
INDRA (INDonesian RAdar)
======================================
Indra RADAR
INDRA (INDonesia RAdar) adalah sebuah radar maritim buatan anak bangsa yang dibuat untuk dapat diaplikasi di kapal dan pantai.Pengembangan radar ini memanfaatkan Frequency Modulated Continous Wave (FMCW), yaitu suatu teknologi canggih yang menghasilkan jarak jangkauan radar dengan daya pancar sangat rendah (2 watt). Dan semuanya dapat terintegrasikan dengan sistem pertahanan dan keamanan nasional.

Radar INDRA pernah diujicobakan pada 24 Oktober 2008 lalu di pantai Cilegon, Banten. Ujicobanya juga disaksikan oleh Dinas Litbang TNI AL. Dalam ujicoba ini INDRA berhasil membuktikan kemampuannya mendeteksi dan mengukur jarak sebuah kapal dengan akurat.
Dengan diluncurkannya INDRA, Indonesia telah berhasil membuat radar sendiri dengan keunggulan yang mampu bersaing dengan radar buatan luar negeri. Saatnya kita berbangga dengan terobosan yang dilakukan anak bangsa, yang mampu menjawab secara akurat masalah dan ancaman wilayah perairan yang dihadapi dari negara parasit layaknya Draculla penghisap sumber daya alam kita yang kaya raya.
 

*** PT PAL ***
======================================
LPD KRI BANJARMASIN
======================================


Kapal ini merupakan kapal perang  jenis LPD pertama buatan PT PAL yang merupakan lisensi dari korea selatan dengan penambahan funsgsi siluman yang murni hasil disain PT PAL yang mengacu pada disain KRI kelas sigma yang merupakan kapal perang siluman yang juga pernah diproduksi oleh PT PAL.
======================================
KRI Krait-827
======================================

KRI Krait
KRI Krait-827 itu merupakan hasil saling tukar ilmu antara TNI-AL lewat Fasharkan (fasilitas pemeliharaan dan perbaikan) Mentigi – dan PT Batam Expresindo Shipyard (BES), Tanjung Guncang. Pengerjaan dilakukan selama 14 bulan sejak Juni 2007. PT BES maupun TNI-AL mengaku cukup hati-hati dalam pembuatan kapal itu karena harus sesuai dengan standar operasional dan izin PBB.

KRI tersebut bertonase 190 DWT dengan jarak jelajah sekitar 2.500 mil.
Kapal itu dilengkapi radar dengan jangkauan 96 Nautical Mil (setara 160 km) dengan sistem navigasi GMDSS Area 3 (jangkauan komunikasi dan radar yang sudah cukup luas) dengan kecepatan terpasang 25 knots.
KRI itu juga dilengkapi dengan senjata mitraliur 12,7mm dan senjata meriam haluan laras ganda (Two in Barrel) kaliber 25 mm yang dapat dioperasikan secara otomatis maupun manual. kapal ini seratus persen buatan indonesia



PERKERETAAPIAN
*** PT INKA ***
 ======================================
KRDI
======================================

KRDI adalah produk terbaru dari PT INKA dimana rankaian ini memiliki dua lokomotif penggerak depan dan belakang dengan teknologi Diesel  Hydrolic yang mampu menghasilkan tenaga 1500hp. Dan kereta ini murni rancangan dari PT INKA bukan dari hasil lisensi.
======================================
KRDE
======================================
KRDE merupakan hasil modifikasi dari KRLI dengan menambahkan generator bermesin Diesel.  Dengan  teknologi ini KRDE dapat melaju di lintasan tanpa jaringan listrik.
======================================
KRLI
======================================
KRLI merupakan singkatan dari kereta rel listrik indonesia. nemang pada saat ini kereta ini hanya melayani rute Bekasi - Tanjumg Priuk dan jumlahnya tidak sebanyak KRL Tokyo Metro eks jepang yang banyak berseliweran di jabodetabek.
======================================
Railbus
======================================
Railbus Bisa dibilang ini mirip busway tapi jalan di dalam sebuah rel. Nah awal 2010 ini, RAILBUS akan diuji coba lagi di solo, dengan jalur dari Stasiun Purwosari Solo hingga Wonogiri. Rencana kereta jabotabek pun akan diganti yang seperti ini semua. Kalo ini jadi, maka perjalanan akan lebih cepat karena kereta ini jauh lebih ringan (kereta ini bisa berjalan 100 km/jam dibanding kereta biasa yang hanya bisa lari 50 - 80 km/jam) dan bisa lebih banyak armadanya.
======================================
Tram Listrik
======================================

TEKNOLOGI INFORMASI
======================================
Nusa Programming Language
======================================
Nusa Programming Language buatan seorang pakar IT kita Bernaridho I. Hutabarat. Beliau seorang ahli dalam bidang database di Indonesa. Lulusan Informatika ITB yang melanjutkan kuliah non gelar di Jepang serta S2 di Inggris, dan juga pernah menjadi dosen di STT Telkom.


Berangkat dari keinginan ingin memudahkan orang mengerti suatu bahasa pemrograman dengan cepat, diciptakannyalah Bahasa Nusa ini. Translator (compiler, linker, interpreter) Nusa ini sudah selesai dibuat.
Keseriusan pembuatan Nusa ini ditandai dengan target yang dipasangnya yaitu “akan dipakai oleh banyak orang diseluruh dunia”.

Nusa 
Programming Language Nusa bukan cuma sebuah kata dalam bahasa Indonesia.
Tapi bahasa yang menambah koleksi dunia dari Indonesia.
Bernaridho bukan butuh pengakuan.
Nusa tidak ingin hanya menjadi koleksi dunia.
======================================
Chipset Wimax Xirka
======================================

Chipset Wimax Xirka adalah sebuah chip yang dibuat oleh orang Indonesia asli. Bukan usaha mudah memang membuat chip dengan kompleksitas yang cukup tinggi. Xirka yang dikawal beberapa engineer Indonesia ini mulai dikembangkan pada 2006.

Xirka direncanakan sesuai dengan kebutuhan IT di Indonesia maupun Internasional. Generasi pertama Xirka berupa chipset untuk Broadband Wireless Access (BWA) yang sesuai standard WiMAX Forum IEEE 802.16e-2005. Generasi ini diluncurkan pada awal 2009. Chipset ini terdiri dari dua spesifikasi, yakni Chipset Xirka untuk Fixed Wimax dan Chipset Xirka untuk Mobile Wimax.

Software Antivirus Lokal
======================================
PC MAV
======================================
www.virusindonesia.com

Inilah Antivirus Lokal yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia saat ini. PCMAV adalah pelopor antivirus lokal karena merupakan antivirus indonesia pertama yang diciptakan team antivirus majalah PCMedia dan mulai populer pada awal tahun 2006. Sampai sekarang PCMAV terus menunjukkan berbagai kelebihannya yaitu dapat mencegah dan membersihkan sebagian besar virus lokal hingga tuntas tanpa menghapus dokumen. Sayangnya, untuk melakukan pembersihan tuntas ini, PCMAV masih bergantung pada database virus lokal yang bisa kita update tiap minggu di situsnya. PCMAV juga sering merilis PCMAV versi khusus yang powerful untuk virus tertentu, misalnya PCMAV for Conficker dan PCMAV for Sality yang akan dirilis beberapa hari lagi. Kelebihan lainnya, PCMAV dapat digabungkan dengan CLAMAV (database virus internasional) untuk memperkuat pertahanan untuk mencegah virus yang mencoba menginfeksi komputer. Tapi, menurut banyak penggunanya, kekurangan PCMAV adalah loading-nya yang cukup lambat dan PCMAV sering gagal dipadukan dengan antivirus lain dalam satu komputer, mungkin kekurangan ini akan segera diperbaiki oleh team PCMAV.
 ======================================
ANSAV / AVI
======================================
www.ansav.com

Ansav adalah antivirus lokal alternatif pesaing PCMAV yang mulai populer sejak oktober 2006. Ansav mempunyai komunitas besar (ansaver) yang sering berdiskusi di forum ansav, Team Ansav juga sering mengadakan seminar tentang virus & antivirus. Ansav mempunyai banyak kelebihan yang tidak dimiliki antivirus lokal lainnya, yang paling menonjol adalah sistem proteksinya yang sangat sensitif dan benar-benar tertanam sempurna di komputer, akibatnya dimana saja ada akses terhadap file maka akan langsung discan ansav, kekurangan sistem proteksi ini adalah kurang sempurnanya Ansav jika dipadukan dengan antivirus impor dalam satu komputer. Kelebihan lainnya, Ansav memiliki Plug-In (Add-on) yang bisa diciptakan oleh siapapun yang ingin membantu perkembangan tool pada Ansav. Ansav juga mempunyai teknik heuristik yang cukup banyak sehingga dapat mendeteksi virus dan tidak hanya bergantung pada database saja. Kekurangan Ansav adalah pada pembersihan virus, Ansav tidak melakukan pembersihan tuntas dengan melakukan pembersihan registry secara otomatis setelah virus terbunuh, jadi setelah komputer dibersihkan menggunakan Ansav akan menyisakan beberapa kerusakan oleh virus yang belum diperbaiki.
====================================== 
SMADAV
======================================
www.smadav.net

Smadav mulai muncul pada Maret 2007 dan mulai awal 2009 mulai menunjukkan peningkatan pengguna yang signifikan, walaupun tidak sebanyak pengguna PCMAV dan ANSAV. Kelebihan Smadav adalah pada scanning yang sangat cepat dan scanning dan proteksinya yang ringan sehingga tidak banyak menggunakan resource komputer. Smadav mempunyai fitur-fitur manual sebagai senjata melawan virus lokal, jika user menguasai fitur-fitur manual ini maka semua virus lokal akan dapat dibersihkan walaupun belum terdeteksi oleh Smadav. Smadav juga akan membersihkan sampai tuntas infeksi dari virus, caranya dengan mendeteksi 1500 daerah registry dan memperbaikinya jika ada kerusakan. Sistem Proteksi Smadav dipastikan dapat digabung sempurna dengan antivirus lain manapun. Proteksi Smadav juga mampu mendeteksi hampir semua virus yang hinggap di Flashdisk. Walau tanpa update sekalipun, Smadav dapat menggunakan (teknik heuristik) kecerdikannya untuk mendeteksi file virus. Kekurangan Smadav mungkin belum bisa membersihkan tuntas virus impor (seperti conficker, sality, alman, dll), Smadav hanya bisa mencegah virus impor sebelum menginfeksi komputer.

Oleh : Herry dirangkum dari berbagai sumber 

1 komentar:

Unknown 15/11/13, 20.31  

keren Made in indonesia !

Posting Komentar

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP