Spesies ikan Hiu

>> Kamis, 28 Oktober 2010

1. Whale Shark (Hiu Paus)

Spoiler for Hiu Paus:

Hiu paus, Rhincodon typus, adalah hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar. Bobotnya 15 ton dan panjangnya 15 meter pula (setara 4 mobil keluarga). . .manteb ngga tuh gan?

Spoiler for Hiu Paus:


Spoiler for Mulutnya gan. . .:
Di dalam mulut ikan Hiu Paus ada semacam balin atau saringan. Jadi yang kena organ itu tubuhnya akan terbelah dan tersayat. . .hii ngeri ya?


2. Basking Shark (Hiu Penjemur)
Spoiler for Hiu Basking:

Hiu penjemur, Cetorhinus maximus, adalah ikan terbesar kedua setelah hiu paus. Spesies ini merupakan spesies kosmopolitan - spesies ini dapat ditemui di samudra hangat di seluruh dunia. Hiu ini bergerak lambat dan tidak berbahaya. Seperti hiu lainnya, hiu ini terancam punah. Panjangnya 14 meteran. Makanan utamanya plankton.
Spoiler for eh ada yang ditangkep tuh. . .:


3. Goblin Shark (Hiu Goblin)
Hiu ini jarang ditemui karena hidup ribuan meter di bawah permukaan laut. Goblin Shark memiliki kulit yang semi-transparan yang memberikan mereka warna merah muda. Ada bagian yang aneh di kepalanya dan dipercaya oleh ilmuwan sebagai sistem electro-receptor untuk mengarahkan mereka pulang kembali ke rumah sehabis berburu karena tidak adanya cahaya di dasar laut. Panjangnya 3 meteran, dan masih menjadi misteri. . .
Spoiler for Hiu Goblin:

Kurang jelas? Oke ane zoom
Spoiler for Hiu Goblin Zoom Mode:



4. Megamouth Shark (Hiu Mulut Raksasa)
Spoiler for Megamouth:

Tumbuh sekitar 4,5 hingga 6 meter dengan bobot sekitar 2,5 ton dan memiliki photophores di bagian mulutnya yang dapat memancarkan cahaya. Hiu ini tinggal di laut yang dalam, sama seperti goblin shark.
Spoiler for Megamouth:

Spoiler for Megamouth:
eh ada yang ketangkep tuh gan. . .


5. Frilled Shark (Indonesianya ane ga ngerti gan)
Spoiler for Frilled Shark:

Adalah salah satu jenis hiu yang jarang terlihat karena hidup di laut dalam, meski terkadang mereka tertangkap juga oleh para nelayan. Ada rumor yang mengatakan jenis hiu ini adalah evolusi awal dari seluruh evolusi ikan hiu.
Spoiler for Frilled Shark:


6. Wobbegong Shark (Hiu Webegong)
Spoiler for Hiu Webegong:

Panjangnya 3 meteran. Hiu perairan Australia ini menyamar dengan warna dasar laut. Mengira gundukan pasir, ikan-ikan mendekatinya dan menjadi korban.
Spoiler for nampak atas:


7. Thresher Shark (Hiu Penumbuk)
Spoiler for Thresher Shark:

Hiu ini panjangnya 6 meter, ekornya sparo panjang badannya lo gan! Dengan ekornya dia memukul air dan ikan di sekitarnya akan pingsan, lalu. . .santabb!
Spoiler for Hiu Penumbuk:

Spoiler for yang ketangkep. . .:


8. Greenland Shark (Hiu Greenland)
Spoiler for Greenland Shark:

Kadang dikenal sebagai hiu penidur, namun dibalik itu hiu ini adalah hiu mematikan seperti sepupu mereka si Great White. Pernah ditemukan didalam perut mereka sisa-sisa tubuh dari beruang kutub, dan pernah terlihat menyambar mangsanya yang berada di darat karena terlalu dekat dengan tepi air. Identiknya hiu ini adalah buaya laut. Panjangnya sekitar 5-10 meteran.
Spoiler for Hiu Greenland:

Spoiler for :


9. White Whale Shark (Hiu Albino/Hiu Sule eh. . .Bule)
Spoiler for Hiu Albino:

Panjangnya sekitar 9 meter ditemukan oleh penyelam di kepulauan galapagos pada bulan Agustus 2008. Ada yang mnengatakan hiu ini dapat tumbuh hingga bobotnya 10 ton.
Spoiler for Hiu Bule:


10. Saw Shark (Hiu Gergaji/Hiu Todak)
Spoiler for Saw Shark:

Hiu gergaji ini memiliki posisi insang yang unik, biasanya insang ikan hiu berada di samping lehernya, tapi hiu ini memiliki posisi insang di bawah tubuh mereka. Gaya hidup ikan hiu ini mirip dengan ikan todak.
Spoiler for nampak bawah:


11. Port Jackson Shark (Hiu Port Jackson)
Spoiler for Port Jackson:

Yang menarik dari ikan hiu ini adalah giginya yang agak pipih dibanding ikan hiu lainnya supaya bisa melumat kerang makanannya
Spoiler for giginya gan. . .:


12. Spined Pigmy Shark (gampangannya. . .Hiu Kurcaci)
Spoiler for Hiu Kurcaci:

Merupakan species hiu terkecil di dunia. . .dengan panjang maksimum hanya sekitar 30 cm. Hiu ini merupakan kerabat dekat Hiu Lentera yang memiliki jaringan bioluminescent photophores di bagian tengah tubuhnya, diperkirakan berfungsi untuk menyamarkan diri dari predator dan mangsanya.
Spoiler for nampak dekat:

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP